11 Jenis Ikan Hias Air Tawar Yang Mudah Dipelihara

Posted on

Ikan hias air tawar terdiri dari berbagai macam jenis mulai dari bentuk maupun warna yang bermacam macam. Dengan tingkat kesulitan yang berbeda untuk cara perawatannya. Ikan air tawar tentu lebih mudah cara merawatnya dibandingkan ikan hias air laut yang pasti perlu air laut untuk habitatnya walau sekarang udah banyak toko ikan hias yang jual air laut masa iya air laut aja dibeli hehe. 
Walaupun sebenarnya ikan hias air laut bisa saja ditaruh diair tawar tapi pasti butuh adaptasi yang sangat lama dan perlu teknik khusus untuk membiasakannya. Caranya bisa tanya kepedagangnya langsung yang lebih mengetahui kehidupan si ikan tersebut hehehe. 
Kok, jadi bahas ikan laut ya ,hmmm ….  
Sebenernya ikan hias air tawar ada juga yang sulit dipelihara alias memiliki daya tahan tubuh yang lemah, contohnya ikan mas koki, dia butuh tambahan oksigen lebih di aquarium dia gak bisa hidup tanpanya beda sama guppy yang kuat walaupun tanpanya… oohhhhh jadi terharu. 
Aduh ngapa ane jadi ngelantur gini yah, hmmm. Kembali kejudul ikan apa aja sie yang mudah dipelihara dan cara mengatasi ikan yang berdaya tahan lemah? Nanti akan saya kasih penjelasannya dibawah jadi jangan kemana mana yaaaaaaa … pantengin terusinnn…  memelihara ikan hias air tawar merupakan aktifitas yang sangat sangat menyenang. 
Melihat ikan yang bebas bergerak di aquarium yang seolah olah sedang menari dan mendengar gemericik air aquarium ini adalah hal yang sangat menyenang dan anda tidak akan pernah bosan memandang ke arah aquarium dengan berbagai jenis ikan tentunya… maaf agak sedikit lebay hehehe … Kalau gak percaya coba deh dateng ke toko ikan hias liat liat aja disana pasti ogahh pergi dari sana …. yuk langsung saja kita bahas satu per satu ikan hias air tawar yang mudah dipelihara alias mudah perawatan ….  

LANJUTTTTTTT………….







1.       Ikan guppy
Yang pertama ane kasih Ikan hias guppy merupakan salah satu dari sekian banyak ikan hias yang ada di Indonesia. Bentuk ikan guppy yang amat cantik merupakan nilai jual utama ikan ini selain kecil dan lincah ikan ini memiliki berbagai macam warna yang akan menambah kecantikan ini. 
Ikan guppy yang memiliki daya tahan kuat dan sangat mudah beradaptasi ini merupakan ikan hias yang berasal dari perairan amerika selatan. Ikan guppy masuk ke Indonesia pada tahun 1920an sebagai ikan hias aquarium. Ikan yang sering diperjualkan adalah ikan guppy jantan yang memiliki warna lebih cantik dan sirip sirip yang lebih lebar dari betina, walau ada ikan guppy betina yang memiliki sirip lebar tapi tidak semenarik ikan guppy jantan. 
Harga ikan gupp sendiri ada yang murah dan ada juga yang mahal. Penyesuain harga dilihat dari fisik dan warnanya , harga ikan guppy mulai dari Rp 2000 per ekor sampai yang puluhan ribu per ekor bahkan ada ratusan bahkan juga jutaan ….
2.       Ikan mas koki
Ikan hias yang berasal dari negeri china ini, namun dipopulerkan oleh warga negara jepang. Awal awalnya ikan maskoki ini memiliki jenis seperti ikan mas biasa, dan kemudian dikembangbiakan dan dikawin silang oleh masyarakat jepang dan sampailah pada saat ini dengan berbagai jenis warna serta bentuk yang bermacam-macam dari yang biasa sampai dengan yang tidak biasa. 
Contohnya ikan mas koki bubble eye yang memiliki kantong dimatanya ,dan sampai yang paling cantik yaitu maskoki ryukin yang memiliki sirip sirip yang indah dipandang. Tidak hanya itu,,,, 
ikan ini juga menjadi favorit ikan hias aquarium air tawar, karena ikan ini memiliki gerakan tubuh yang lucu dan bentuk tubuh yang  gemuk. Ikan ini termasuk ikan yang membutuhkan banyak sekali asupan oksigen maka dari itu anda perlu menambahkan aerrator diaquarium mas koki. 
Ikan mas koki juga termasuk ikan yang cepat dalam mencerna makanannya, maka ente perlu memberi filtrasi aquarium yang terdapat di toko aquarium dengan  harga mulai Rp. 50.000. Pengalaman ane kalau hanya memakai aertor kotoran ikan akan menumpuk dan harus  lebih sering untuk membersihkannya, tidak begitu efektif untuk ente yang memiliki rutinitas sangat sangat padat. 
Beda dengan jika diberi filtrasi kotoran ikan akan terangkat dan sekaligus memberikan oksigen ke dalam aquarium. Jadi kita hanya perlu membersihkan tabung filter dan mengganti kapas filternya saja, harga kapas filter juga tidak mahal ada yang Rp. 3000 dan ada pula yang mahal bisa lebih dari Rp 20.000. 
Walau begitu ikan ini masih cenderung mudah dirawat asalkan kandungan oksigen dalam air mencukupi dan juga makanan selalu tersedia untuknya.
3.       Ikan neon tetra



Ikan neon tetra atau sering disebut ikan neon ini memiliki ciri dengan warna badan biru cerah dan putih perak. Hal ini lah yang membuat ikan ini menarik minat para penghobi ikan hias tanah air. Untuk menjadikannya penghuni aquariumnya.  
Ikan neon tetra berasal dari sungai Amazon, Amerika Latin….
Ikan ini senang berenag bergerombol sesama kawanannya. Sekilas ikan ini memiliki warna merah yang lebih dominan dibagian belakang. Bagian atas dan bawah depan ikan ini memiliki warna biru cerah dan kehijauan. 
Ikan ini lebih enak dipandang jika mereka sedang berenang bergerombol yang menunjukan warna indah yang serasi. Untuk harga ikan ini mulai dari yang paling murah Rp. 2000 sampai yang paling mahal bisa sampai puluhan ribu tergantung jenisnya, karena ikan neon banyak jenisnya.
4.       Ikan manfish



Ikan manfish yang masuk dalam keluarga Chiclidae dan biasa juga disebut dengan nama ikan layang, ya karena ikan ini memang mirip dengan layang layang dan cara berenangnya pun mirip mirip yang seolah melayang layang diudara …
tapi jangan coba coba menerbangkannya yaaaa, hehhe…..
Warna dari ikan ini sangat elegan dan atraktif dengan perpaduan garis garis hitam dan warna dasar silver. Ikan ini juga membutuhkan oksigen berlebih seperti ikan maskoki. Ikan manfish dewasa bisa mencapai ukuran setelapak tangan orang dewasa. 
Makanan ikan ini sama seperti ikan hias lainnya bisa pakan hidup berupa cacing sutra atau pelet yang biasa dijual di toko ikan hias.
5.       Ikan black ghost
Dari namanya ikan ini memang terlihat menakutkan tetapi pada dasarnya ikan ini sangatlah pemalu mereka sering kali mengumpat di celah celah batu atau apapun yang ada didalam aquarium. Maka dari itu jika anda mau memelihara ikan ini sebaiknya anda menaruh beberapa tempat persembunyian di aquarium. 
Bisa berupa apa saja batu ataupun palaron. Nama latin ikan ini adalah Apterontus Albifrons dan berasal dari sungai Amazon dan Suriname. Warna dari ikan ini sesuai dengan namanya yaitu hitam dan sedikit putih dibagian ekornya tubuhnya bergelambir yang membuat disebut black ghost. Seperti kain hantu yang sedang terbang ……. hihihihihi
Keunikan lain dari ikan adalah dari cara berenagnya yang maju mundur dengan lentur dan fleksibel yang sering juga menyebut dengan sebutan penari balet. Makanan ikan ini yaitu pelet dan cacing kering. Dan diberikan sebanyak dua kali sehari denga porsi sedikit sedikit.
6.       Ikan corydoras (catfish)



Ikan yang tampak mirip seperti ikan sapu-sapu,     mengapa demikian ??? 
karena ikan ini suka bersih bersih juga ia akan memakan makanan sisa yang ada didasar aquarium. Ikan yang akan sering menghabiskan waktunya didasar aquarium ini juga memiliki panggilan akrab ikan tikus sebab cara berenang ikan yang sangat cepat seperti tikus yang sedang berlari. Ikan ini berasal dari Venezuela, Trinidad (Amerika Serikat). 
Ikan ini bisa tumbuh dewasa sampai dengan panjang tubuhnya 12cm.  Warna ikan ini sangat beragam ada putih, panda dan masih banyak lagi. Jenis ikan corydoras ini sendiri mencapai 180 spesies. Ikan ini juga bisa dicampur dengan ikan jenis lain seperti ikan guppy, molly, dan ikan neon tetra. 
Makanan ikan ini sebenarnya sama saja dengan ikan pada umumnya, tapi sebaiknya kasih mereka makanan yang jatuh ke dasar aquarium agar mereka mudah memakannya. Anda bisa memberinya cacing beku, cacing sutra, dan juga pelet. 
Tetapi karena pelet ikan biasanya selalu mengambang diatas aquarium jadi anda perlu menghancurkannya terlebih dahulu bisa dengan cara direndam air hangat lalu dibikin bulatan-bulatan lalu kasihkan.
7.       Ikan Arwana



 Ikan yang identik dengan orang kaya, yaa ikan ini memang memiliki harga yang mahal dibanding dengan ikan lainnya. 
Harga ikan ini mulai dari ratusan ribu sampai dengan ratusan juga, sesuai jenis dan kondisi ikan. Ikan yang memiliki keunikan dibagian sisik ini sangatlah banyak peminat dari kalangan muda maupun tua. Ikan ini cenderung besar bisa mencapai ukuran dewasa  1 meter bahkan lebih. Ikan ini biasa ditemui di perairan air tawar daerah papua dan kalimantan nama latinya Scleropages sp. 
Ikan yang sangat banyak peminatnya ini juga memiliki mitos yang mengatakan bahwa ikan ini dapat mendatangkan rejeki kepada orang yang memeliharanya dengan baik. Mengapa dengan baik? Ya,, karena kalau ikan ini tumbuh dewasa dan bisa dibudidayakan pasti banyak menghasilkan rezeki yang sangat banyak sekali. Mengingat harga jual ikan ini sangatlah tinggi. 
Untuk makanan ikan arwana, yaitu bisa diberi pelet, cacing beku, ikan kecil, jangkrik. Untuk jangkrik biasanya yang diberikan hanya bagian badannya saja. Waktu pemberian pakan ikan arwana sama saja dengan ikan jenis lainnya, yaitu dua kali sehari pagi dan sore hari.
8.       Ikan cupang



Ikan betta,  ikan yang berukuran kecil ini adalah salah satu ikan hias yang mudah dipelihara tidak perlu aerrator dan perawatan khusus. Ikan ini dapat menghirup oksigen di dalam air dengan menggunakan organ tubuhnya yang disebut labirin.  
Sifat ikan yang berasal dari Asia Tenggara  ini adalah agresif untuk mempertahankan wilayahnya,  maka dari itu peliharalah ikan ini diwadah yang terpisah antara ikan satu dan lainnya sekatlah antara kedua wadah ikan ini. Ikan ini akan selalu ngedokin jika melihat lawannya bahkan dirinya sendirinya. 
Jenis ikan ini sangat banyak mulai dari ikan bagan(jenis ikan adu) yang asli Indonesia, halfmoon, serit dan masih banyak lagi. Namum  yang pasti ikan cupang hias lahhh yang banyak peminat. Cupang hias dengan keberagam warna dan bentuk siripnya yang panjang yang membuat para penghobi ikan hias jatuh hati padanya. 
Untuk pakan ikan ini juga mudah didapat ditoko toko ikan hias. Anda bisa memberinya pelet namun yang berukuran kecil dan juga bisa memberinya cacing rambut. Dengan waktu pemberian pakan dua kali sehari.
9.       Ikan komet



Ikan yang memiliki nama latin Carrasius Auratus merupakan cikal bakal terciptanya ikan hias mas koki. Ikan ini juga memiliki banyak penggemar sama seperti ikan maskoki. Sirip ekor ikan panjang menjuntai yang melambai lambai saat sedang berenang. 
Ikan yang berasal dari Jepang ini masuk ke Indonesia pada tahun 1970an. Pemeliharaannya juga tidak usah ribet ribet asalkan oksigen didalam aquarium memadai. 
Dan sama seperti ikan maskoki ikan ini juga membutuhkan oksigen yang cukup, maka dari itu untuk menyuplai oksigennya anda harus memberinya aerator
10.   Ikan mickey mouse
Keluarga dari ikan jenis platty ini sangatlah populer karena ikan ini memiliki keunikan di daerah ekornya yang menyerupai bentuk kartun disney yaitu mickey mouse. 
Ikan ini sama seperti ikan guppy untuk membedakan jenis kelaminnya.  
Warna dari ikan ini banyak macamnya mulai dari kuning sampai dengan merah oranye. Pakannya pun juga sama dengan gupp  yaitu pelet dan cacing sutra.







11.   Ikan molly


Ikan ini terdiri dari berbagai macam jenis dengan berbagai macam warna pula. Ikan ini sebenarnya sama dengan ikan guppy hanya saja mereka berbeda ukuran. Ikan molly memiliki tubuh lebih membulat dari ikan guppy. 
Ikan molly dewasa bisa menyerupai ikan mas koki anakan dengan panjang tubuh mencapai sekitar 12 cm. Cara berkembangbiaknya pun sama persis dengan ikan guppy yaitu pembuahan telur telur didalam tubuh. Untuk pakannya juga tidak terlalu sulit untuk anakan ikan molly bisa diberikan pelet ikan yang halus dan ketika mulai tumbuh dewasa bisa ditambahkan dengan memberinya cacing sutra ataupun cacing beku. 
Jenis ikan molly yang paling populer adalah ikan molly balon, molly golden black, molly marbel, dan molly hitam.



Bagaimana mudah bukan merawat ikan hias di aquarium. Apalagi kalau aquarium dihias pasti lebih enak dipandang. Merawat ikan memang tidak begitu sulit, hanya bagaimana kitanya saja mau atau tidak. 
Jangan cuma pas pertamanya saja rajin tapi akhirnya tidak dirawat sama sekali dan ikan mati. Sama saja membunuh binatang dengan perlahan.

Catatan semua pakan ikan sebenarnya sama saja yaitu bisa dikasih pakan hidup dan pakan buatan … semua harus diberikan sedikit-sedikit atau pun dua kali sehari saja pagi hari sore hari.  “ikan yang mengeluarkan kotoran pasti  itu ikan sehat karena sistem pencernaannya berjalan dengan baik”.  
Sekian pembahasan mengenai jenis jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara. Mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan, saya hanya manusia biasa yang masih harus banyak belajar….. saran dari pembaca sangat saya nantikan….. Terima Kasih …….     Wasallammm ……….   sampai jumpa lagi.     Arigatou gozaimasu…..
Keep Calm And Love Fish

Kami menjual ikan hias air tawar berkualitas, Call / WA: 0895339870944 ….   
IG : fish shop nusantara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *