Cara Beternak Ikan Cupang

Cara Berternak Ikan Cupang Hias Yang Mudah Untuk Pemula

Posted on

Cara berternak ikan cupang bisa terbilang cukup mudah. Belakangan ini, ikan cupang menjadi perbincangan bagi para masyarakat indonesia. Ikan hias ini dikenal akan keindahannya. Tak heran, mengapa sekarang ini banyak sekali orang yang ingin memeliharanya. Bahkan, ikan hias ini pun tidak menjadi masalah buat pemula.

Tak sedikit juga dari mereka yang ingin berternak ikan cupang. Sayangnya, sejumlah orang masih belum paham betul cara budidaya ikan cupang yang baik dan benar. Sebenarnya, budidaya ikan cupang ini begitu mudah dan mereka tidak membutuhkan tempat yang luas serta modal yang besar.

Penasaran dengan cara berternak ikan cupang yang baik dan benar? simak bersama informasi berikut ini.

Pilih Indukan Ikan Cupang

Cara berternak ikan cupang yang pertama adalah dengan memilih indukan ikan Cupang. Kalian harus memastikan indukan betina dan jantan sudah memasuki fase matang atau siap kawin. Untuk membedakan ikan cupang betina dan jantan tidak terlalu sulit. Ikan cupang jantan memiliki ciri-ciri sirip dan yang lebar mengembang, tubuh lebih besar, gerakkan lincah dan warnanya pun lebih cerah.

Sedangkan, ikan cupang betina memiliki ciri-ciri sirip dan ekor yang lebih pendek, tubuh lebih kecil, gerakkan lamban dan warna yang dibilang kusam. berikut ini ciri-ciri ikan cupang sudah matang atau siap kawin:

Ikan Cupang Jantan

Ikan Cupang Jantan
  • Gerakkan yang agresif
  • Sirip ekor panjang
  • Warnanya terang
  • Bentuk badan panjang
  • Berumur sekitar 4-8 bulan

Ikan Cupang Betina

Ikan Cupang Betina
  • Gerakkan lambat
  • Sirip pendek
  • Warna kusam
  • Bentuk badan membulat
  • Bagian perut sedikit membuncit dan timbulnya telur putih
  • Berumur sekitar 3-4 bulan
Baca Juga  Example post using split content

Cara budidaya ikan cupang selanjutnya adalah proses pemijahan. Sepengalaman admin kalian hanya perlu menyiapkan wadah baskom kecil atau akuarium berukuran 20x20x20 cm. Siapkan juga gelas plastik aqua yang sudah dibelah dua untuk ikan cupang betina.

Dan dalam 1 hari nanti telur ikan cupang ini akan menetas. Namun, perlu kalian ketahui bahwa ini semua bergantung pada yang maha kuasa tidak semua telur yang bakalan menetas. Sekedar informasi, indukan jantan bisa dikawinkan hingga 8 kali dengan jangka waktu 2-3 minggu. Sementara indukan betina disarankan dikawinkan hanya satu kali saja tapi kalo admin sih pernah indukan betina dikawinkan sampai 3x.

Cara berternak Ikan Cupang Tahap Pemijahan

Cara budidaya ikan cupang berikutnya adalah tahap pemijahan lanjutan. Ada beberapa poin yang perlu kalian perhatikan jika ingin budidaya ikan cupang di rumah. Berikut ini poin tahap pemijahan ikan cupang.

  1. Isi Tempat Pemijahan dengan Air Bersih 10-15 cm
    Sebagai catatan, jangan langsung menggunakan air PAM yang mengandung banyak sekali kaporit, endapkan terlebih dahulu selama 1 hari setelah itu. Kalian juga bisa memberikan daun ketapang dan sedikit garam ikan agar bisa menstabilkan PH dalam air
  2. Masukkan Ikan Cupang indukan
    Setelah air endapan sudah bisa dipakai, barulah masukan ikan cupang indukan jantan dan betina. Akan tetapi kurung indukan betina menggunakan botol aqua yang sudah dibelah dan gunakan plastik bening ukuran kecil yang fungsinya untuk digunakan sebagai tempat gelembung yang dihasilkan oleh ikan cupang jantan untuk menyimpan telur yang sudah dibuahi. waktu yang dibutuhkan 1 hari
  3. Proses Pemijahan
    Nah keesokan harinya kalian bisa langsung mengangkat botol plastik yang digunakan untuk mengurung indukan betina dan biarkan mereka melakukan aksi pemijahan. Ingat jangan pernah sekali-sekali untuk mengintip. Tutuplah wadah menggunakan koran yang sudah dilubangi sedikit untuk oksigen masuk dan letakkan jauh dari kebisingan, ini juga memerlukan waktu 1 hari
  4. Angkat Indukan Betina
    Setelah terjadi pembuahan kalian bisa segera mengangkat indukan betina karena indukan betina bisa memakan telornya sendiri dan yang bertanggung jawab untuk menjaga dan membesarkan burayak ikan cupang adalah sang indukan jantan.
  5. Bersabar dan Berdoa
    Waktu yang dibutuhkan agar semua telur ikan cupang menetas menjadi burayak membutuhkan 3 hari untuk menetas semua secara keseluruhan.
Baca Juga  Cara Budidaya Belut Dengan Menggunakan Media Drum Bekas

Berikut adalah cara berternak ikan cupang yang baik dan benar pengalaman dari admin sendiri, Jangan lupa like dan share artikel ini untuk teman-teman yang membutuhkan informasi diatas. Salam hobi cupang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *