Cupang Sarawak

Posted on
Cupang Sarawak
Cupang Sarawak / Betta Akarensis, jenis ikan cupang ini dapat ditemukan Akar R., Sarawak, Malaysia bagian timur dan sekitar Kalimantan. Ciri-ciri khusus dari cupang jenis ini adalah adanya semacam garis yang berada di sisi kanan kiri ikan dari kepala hingga pangkal ekor. Cupang Sarawak ini umumnya hidup di perairan bersuhu 14 – 24’C. Cupang Sarawak juga termasuk cupang yang berkembang biak dengan cara Mouthbrooder.

Cupang Sarawak biasanya sangat mudah beradaptasi di alam, dan lebih dari mampu hidup dengan sangat nyaman di daerah air dengan tekanan sekitar 80ppm, dan dengan tingkat pH sekitar 7,0.
Saat hendak kawin cupang jantan akan memunculkan warna hijau di sekitar bagian insang, dan ini umumnya dikenal sebagai “operkulum”, dan makin samarnya garis di sisi tubuh cupang. Ciri lainnya adalah cupang jantan menjadi tidak agresif dan cenderung pemalu.
Cupang Sarawak
Setelah proses perkawinan selesai, pejantan menyimpan telur dalam mulutnya selama sekitar sepuluh hari. Yang menarik adalah bahwa betinanya menjaga pejantan saat ini.
Nama lain untuk jenis ikan cupang ini adalah: cupang akar, cupang climacura, Ladder-Fined Betta, Ladder Mouthbroodedan dan Betta Akarensis.
Baca Juga  Tekhnik Mudah Budidaya Cacing Menguntungkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *