Ikan Cupang Hias
Ikan Cupang Hias

Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Merawat Ikan Cupang

Posted on

Ikan cupang hias sekarang ini telah menjadi salah satu jenis ikan hias yang sering dipelihara dan dibudidayakan dalam beberapa waktu belakangan ini. Berbagai paduan beragam warna dan sirip yang indah menjadi suatu keistimewaan dari ikan dengan nama sebutan Betta tersebut. Selain itu, sikapnya yang agresif inilah yang membuat ikan cupang ini menjadi salah satu khas unik untuk dipelihara

Bagi kamu yang baru berencana atau ingin memelihara ikan cupang, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan terlebih dahulu agar bisa merawatnya dengan baik dan sehat, Yuk kita simak bersama-sama tips dari admin dibawah ini :

  1. Buat akuarium selalu bersih, Akuarium yang bersih bisa membuat ikan cupang tidak mudah stress dan sehat. Ikan cupang tidak selalu membutuhkan sistem filtrasi yang besar, mahal, dan rumit, atau banyak mainan. Di satu sisi, kamu dapat mengatakan cupang adalah hewan yang sederhana, mereka sangat menyukai ruangnya. Kamu tidak perlu memenuhi akuarium dengan banyak tanaman, ataupun dekorasi lainnya. Akuarium untuk ikan cupangmu bisa berupa kaca, botol minuman dan berbagai tempat lainnya. Gunakan kerikil penyerap kotoran dan jangan lupa heater karena ikan cupang juga harus menyesuaikan dengan suhu air yang ada didalam. Untuk makanan ikan cupangmu kalian bisa memberikannya dengan cacing darah, kutir, pelet, akan tetapi kalian tidak boleh memberikan pakan secara berlebihan yang membuat air dari akuarium anda menjadi cepat kotor
  2. Jaga kualitas air yang berada di akuarium Ikan Cupang Hias, sebenarnya ikan cupang tidak memerlukan filtrasi asalkan air yang ditempati ikan anda tidak kotor. Ikan cupang lebih suka air yang tenang dan tidak berombak. Suhu air juga sangat penting dan suhu yang baik untuk ikan cupang sekitar 23-27 derajat celcius. Tingkat pH untuk air yang ditempati harus berkisar antara 6,8 dan 7. Ujilah air sebelum membenamkan ke dalam akuarium. Kalau perlu anda bisa membeli zat aditif di toko ikan hias untuk membantu mengatur tingkat pH dan mengukur pH, test air setidaknya setiap minggu.
    Sebelum menambahkan dekorasi seperti tanaman plastik, kerikil, bilaslah sampai bersih terlebih dahulu guna untuk menghilangkan bahan kimia yang dapat berbahaya bagi ikan cupangmu.
  3. Anda bisa memeriksa apakah ikan cupang hias anda sehat atau tidak, untuk memastikan ikan cupang sehat adalah warnanya harus cerah, Siripnya tidak luka atau berlubang, harus aktif dan ekor tidak kuncup. Untuk memastikan ikan anda aktif, anda bisa mencoba untuk melakukan flaring terhadap ikan cupang anda.
  4. Perhatikan nafsu makan ikan cupangmu Ikan cupang memiliki pola makan yang agak sederhana. Mereka akan tumbuh dengan cepat jika kebanyakan diberi makan makanan segar atau beku yang bergizi bagi mereka. Sama seperti manusia, cupang juga menyukai makanan lezat seperti cacing, cacing darah, kutu air, jentik nyamuk dan lain sebagainya.
Baca Juga  5 Fungsi Daun Ketapang Bagi Ikan Cupang

Jika kamu melihat tubuh ikan cupangmu bengkak, sebaiknya puasakan ikan anda selama beberapa hari dan kemudian beri makan hanya makanan hidup selama beberapa hari sampai kondisinya membaik. Setelah kesehatannya pulih, kurangi jumlah pemberikan pakan pada ikan cupangmu agar sembelit tidak terjadi lagi.

Jika kamu bisa memberi mereka makan hanya dua kali sehari beri mereka makan sekali di pagi hari dan di malam hari. Berilah pakan ikan sesuai dengan porsinya dan habis dalam 2 menit, jika tidak habis segeralah diangkat pakan tersebut karena jika membiarkan makanan yang tidak dimakan di dalam akuarium juga bisa mengancam kesehatan ikan cupang hias anda

Panduan perawatan Ikan Cupang Hias diatas bisa anda ikuti dan terapkan. Sekian dan terima kasih salam cupang lovers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *