Jenis Ikan Cupang Lengkap Berdasarkan Kategori

Posted on

Bagi orang awam umumnya membagi jenis ikan cupang hanya berdasarkan pada cupang hias, cupang aduan dan cupang liar saja. Tapi kenyataannya ikan yang merupakan kerabat dekat ikan gurami ini mempunyai beberapa klasifikasi yang memedakan masing-masing spesies ikan cupang yang sebagian dari klasifikasi ini sebagian telah saya jelaskan pada artikel-artikel sebelumnya. Berikut daftar lengkap jenis-jenis ikan cupang berdasarkan pembedanya beserta ulasan singkatnya.

Jenis Ikan Cupang Berdasarkan Sifat

Bedasarkan sifat ikan ini orang biasa membedakan ikan jenis ini menjadi ikan hias, ikan aduan dan ikan liar.

  • Ikan Cupang Adu : Karena sifat ikan ini yang cenderung agresif untuk mempertahankan teritorinya menyebabkan ikan jenis ini dikenal sebagai ikan aduan. Coba saja letakkan dua ekor ikan ini kedalam satu wadah maka keduanya akan berkelahi hingga salah satu dari mereka mati. Oleh karena itu jenis ikan ini sering juga disebut sebagai fighting betta. Adapun spesies ikan cupang yang terkenal untuk aduan diantaranya adalah cupang adu singapura ( betta imbellis ), cupang adu bagan api ( betta coccina ), cupang adu belgi ( betta samaragdina ) serta cupang adu bangkok ( betta splenders ).
  • Ikan Cupang Hias : Kekayaan warna serta bentuk sirip dan ekor banyak menghipnotis penggemar ikan hias air tawar untuk menjadikan jenis ikan ini sebagai penghias akuarium. Sifat gerakan ikan ini yang lamban juga memberikan kesan anggun serta memberikan ketenangan bagi yang memperhatikannya. Mungkin sebagian dari kita hanya mengenal betta splender sebagai ikan cupang hias, namun ada spesies ikan cupang lain yang tak kalah indah sebagai ikan hias, diantaranya cupang sawah ( trichopsis schalleri ), cupang surga ( Macropodus concolor ), cupang paradise ( macropodus opercularis ), cupang sarawak ( betta akarensis ) serta cupang brunei ( betta macrostoma ).
  • Ikan Cupang Liar : Ikan cupang pada dasarnya adalah ikan liar yang hidup di rawa-rawa bahkan di persawahan. Menurut Fish Identification, hingga saat ini telah diketahui 73 spesies ikan cupang yang terdapat di alam. Karena keindahannya dan sifatnya yang agresif dapat di adu maka sekarang banyak orang yang membudidayakannya dan sekarang sudah banyak persilangan dari berbagai macam cupang dan menghasilkan jenis cupang baru.
Baca Juga  Cara Membedakan Ikan Guppy Jantan dan Betina

Jenis Ikan Cupang Berdasarkan Cara Berkembang Biak

Berdasarkan cara berkembang biak ikan cupang dibagi menjadi dua jenis yaitu mouthbrooder dan bubble nest breed, sebagai tambahan informasi antara keduanya tidak dapat dikawinkan.

  • Ikan Cupang Mouthbrooder : Ikan jenis ini cara berkembangbiaknya dengan memunguti telur yang sudah terbuahi dan memasukkannya dalam mulut sampai menetas. Informasi selengkapnya baca : Ciri dan Perilaku Ikan Cupang Mouth Brooder
  • Ikan Cupang Bubble Nest Breed : Cupang jenis ini ialah ikan cupang yang membuat gelembung-gelembung udara di permukaan air sebelum melakukan perkawinan. Gelembung-gelembung ikan cupang bubble nest breed tersebut dilekatkan pada daun-daun yang mengambang di permukaan air. Informasi selengkapnya baca : Ciri dan Perilaku Ikan Bubble Nest Breed

Jenis Warna Copper Ikan Cupang
Cuppang Copper – Sumber Foto  bubblesandbettas.blogspot.com

Jenis Ikan Cupang Berdasarkan Warna

Warna pada ikan cupang yang bervariasi ini yang mendasari orang mengklasifikasi ikan cupang sebagai salah satu ikan hias, Warna pada ikan cupang sendiri dibagi menjadi 4 jenis yaitu Solid Colour, Bi Colour (Dual Colour), Pattern dan Multicolour.

  • Solid Colour : Ini adalah ikan cupang satu warna, yang juga berarti tubuh dan sirip memiliki warna yang sama.
  • Bicolour / Dualcolour : Jenis ikan cupang yang memiliki dua warna solid, yaitu warna solid pada bagian tubuhnya dan warna solid berbeda pada sirip dan ekornya.
  • Pattern Colour : Ikan Cupang bermotif yang dengan beberapa warna yang ditampilkan dan dalam cara yang terorganisasi (berpola).
  • Multicolour : Jenis ikan cupang multicolour memiliki dua atau lebih warna acak tanpa pola.

Informasi selengkapnya baca : Warna Pada Ikan Cupang

Jenis Ekor Rosetail Ikan Cupang
Cupang Rosetail – Sumber foto  www.bettysplendens.com

Jenis Ikan Cupang Berdasarkan Bentuk Sirip Ekor

Masyarakat Cupang Hias Indonesia (MCHI)sendiri hanya menetapkan 4 jenis bentuk cupang yang populer yaitu Halfmoon, Crown Tail, Plakat, dan Double Tail. Namun ternyata diluar sana ada klasifikasi variasi ikan cupang berdasarkan bentuk ekor yang lebih lengkap, berikut list daftarnya beserta penjelasan singkatnya.

  • Halfmoon : Halfmoon memiliki sirip dan ekor yang seolah menyatu membentuk setengah lingkaran. Bila dilihat dari samping, sirip ekor ikan halfmoon mengembang 180 derajat berbentuk seperti bulan sebelah atau lebih mirip huruf “D”.
  • Plakat : Sirip dan ekor cupang plakat biasanya pendek tidak menjumbai seperti serit dan halfmoon. Karena pendek, sirip tersebut memberikan kesan kokoh dan kekar.
  • Crown Tail : Di sebut crown tail atau ekor mahkota, karena bila dibalik menghadap ke atas serit-serit pada ekornya terlihat seperti mahkota raja.
  • Double Tail : Disebut double tail karena bagian ekornya terbelah dua, seperti bercagak dua.
  • Deltas : Bentuk ekor ikan ini sangat mirip dengan Halfmoon tetapi memiliki kurang dari 180 derajat ketika mengembang.
  • Veil Tail : Kalau diterjemahkan artinya ekor kerudung, yaitu jenis ikan cupang yang bentuk sirip ekornya tidak mengembang sempurna sehingga lebih menyerupai kerudung.
  • Rosetail : Jenis ekor cupang ini hampir menyerupai bunga mawar dan merupakan perkawinan silang antara Halfmoon dan Veiltail serta termasuk jenis ikan cupang langka.
  • Round Tail : Jenis ini juga termasuk cupang langka merupakan hasil dari kawin silang antara Plakat dan Delta.
  • Short-Fin : Jenis ekor ikan cupang ini lebih Pendek dari pada ekor cupang Plakat.
  • Spade Tail : Atau sering juga disebut ekor lancip karena bentuk sirip ekornya menyatu pada ujung bagian belakang ekor.
Baca Juga  Mercedes-Benz E200: Review, Specification, Price

Informasi selengkapnya baca : Jenis Ikan Cupang Berdasarkan Bentuk Sirip Ekor

Demikian klasifikasi varietas ikan cupang berdasarkan kategori pembedanya. Jika anda punya pertanyaan dan masukan lain silahkan tambahkan pada kolom komentar. Salam…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *