Jenis Ikan Hias Yang Bisa Digabung Dengan Ikan Cupang
Jenis Ikan Hias Yang Bisa Digabung Dengan Ikan Cupang

Jenis Ikan Hias Yang Bisa Digabung Dengan Ikan Cupang

Posted on

Ikan Cupang sendiri merupakan ikan teritorial dan sangat agresif, tetapi ada beberapa jenis ikan hias air tawar lainnya yang saya ketahui bisa dijadikan sebagai “betta tank mate” alias teman seakuarium untuk ikan cupang dan pastinya aman untuk dicampurkan. Bisakah ikan cupang hidup berdampingan dengan ikan hias lain? Jawabannya adalah ya jika Anda bisa memilih ikan, kodok, atau siput yang tepat untuk jadi teman akuarium cupang anda.

Berikut ini beberapa spesies teman akuarium yang bisa hidup berdampingan dengan cupang, dan beberapa teman akuarium yang harus dihindari, kami juga akan sertakan sedikit saran tentang dekorasi akuarium cupang untuk tempat hewan lain bersamanya.

Jenis Ikan Hias Yang Bisa Digabung Dengan Ikan Cupang

Bagi para pecinta ataupun penghobi cupang pastinya sangat merekomendasikan bahwa berikut ini merupakan teman yang cocok untuk berdampingan bersama ikan cupang yuk kita simak bersama-sama.

Jenis Ikan Hias Air Tawar

Neon tetra dan black tetra adalah ikan hias air tawar bersirip pendek yang dikenal sebagai salah satu ikan pendamping yang paling baik untuk cupang. Akan tetapi mereka perlu dibeli dalam kelompok sekitar 10 ekor sehingga jika digabungkan antara cupang dan tetra membutuhkan akuarium yang agak besar

Ikan Sapu Sapu

Jenis Ikan Hias Air Laut

Ikan sapu sapu atau juga bisa disebut sebagai Clown pleco adalah ikan yang bisa hidup berdampingan dalam akuarium ikan cupang. Namun ikan sapu sapu ini pleco (lebih tepatnya, plecostomus) adalah ikan yang jauh lebih besar jika kita bandingkan dengan ikan cupang sehingga membutuhkan setidaknya akuarium dengan 40 liter air.

Baca Juga  Ikan Cupang Mengeluarkan Gelembung? Tenang Ini Penyebabnya

Ikan Zebra

Jenis Ikan Hias Murah

Ikan Zebra merupakan ikan hias air tawar yang juga digemari oleh para pecinta aquascape karena memiliki beraneka warna yang sangat memanjakan mata, Selain itu ukuran tubuh dari ikan zebra ini bisa dibilang mirip dengan ikan neon tetra, dan perlu diketahui bahwa ikan ini juga harus dibeli dalam kelompok.

Rasbora harlequin

Teman Ikan Cupang

Ikan ini juga hidup secara berkelompok, jadi kalian harus siapkan setidaknya lima atau lebih ikan ini untuk menemani si cupang. Ikan ini hanya bisa tumbuh hingga 3 cm dan dapat hidup hingga 5 tahun lamanya. Karena pertumbuhannya cukup signifikan memungkinkan untuk mempertimbangkan ukuran akuarium cupang anda.

Apple snail/mystery snail

Teman Baik Ikan Cupang

Apple snail dan mystery snail, yang merupakan spesies keong akuarium aquascape yang serupa, adalah teman akuarium yang cocok untuk cupang anda.

Ikan cory catfish

Jenis Ikan Hias Pemakan Lumur

Ikan hias mungil dan lucu Ini merupakan lele hias yang sangat kecil (mereka hanya tumbuh sekitar 2 cm) yang merupakan penghuni dasar kecil yang baik dan cocok untuk teman cupang anda.

Otocinclus

Juga dikenal sebagai ikan oto atau dwarf suckermouth catfish, ikan ini tidak terlalu agresif dan juga bisa sekaligus membersihkan alga di akuarium cupang anda.

berikut adalah beberapa jenis ikan hias yang bisa digabung untuk dijadikan sebagai teman baik cupang. Nah berikut ini adalah beberapa jenis ikan hias air tawar yang sebaiknya tidak dicampur bersama akuarium ikan cupang.

Jenis Ikan Hias Yang Tidak Cocok Digabung Dengan Cupang

Ada beberapa ikan hias air tawar yang tidak boleh kita gabungkan ke dalam akuarium yang sama dengan ikan cupang. Dan itu biasanya karena mereka terlihat seperti cupang jantan. Ikan yang harus dihindari antara lain:

  • Fancy guppy
  • Molly
  • Mas koki fancy
  • Barb
  • Ghost shrimp ( beberapa orang merekomendasikan mereka sebagai teman cupang, akan tetapi kadang mereka dimakan cupang).
Baca Juga  Cara Merawat Ikan Guppy Supaya Tetap Sehat

Ikan guppy, molly, dan mas koki bersirip panjang terlihat mirip dengan ikan cupang sehingga kebanyakan cupang jantan akan berusaha menggigiti sirip ekornya, sedangkan ikan dengan ras barb bisa menjadi terlalu agresif untuk cupang dan bisa jadi ekor cupang anda yang digigiti dan membuat keindahan cupang anda berkurang.

Wadah Akuarium Ikan Cupang

Hal pertama yang harus kalian pertimbangkan terlebih dahulu adalah mempertimbangkan ukuran akuarium yang akan dihuni oleh cupang dengan ikan hias air tawar lainnya. Jika anda memilih ikan zebra atau neon tetra pasti membutuhkan ruang bebas yang lebih banyak. Kawanan siput dan udang hias bisa menjadi pilihan yang baik untuk akuarium di bawah 20 liter.

Selanjutnya kalian harus memastikan ada dekorasi akuarium seperti tanaman, kayu apung, batu, atau gua yang memberi cupang (dan teman-teman tanknya) tempat untuk dijadikan sebagai tempat untuk bersembunyi untuk menghindari ikan yang menggigiti sirip. Anda juga harus mempertimbangkan suhu air yang ideal untuk semua penghuni akuarium anda.

Setelah itu kalian bisa memantau reaksi dari ikan cupang anda berserta ikan hias air tawar lainnya apakah mereka berontak atau tidak, Akan tetapi jika berdasarkan pengalaman dari admin sendiri, Ikan cupang bisa hidup berdampingan secara damai dengan ikan hias air tawar lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *