Perhatikan 3 Hal Ini Ketika Anakan Guppy Baru Lahir

Posted on

Bagi anda yang baru saja atau tidak sengaja memiliki anakan ikan guppy pasti bingung bagaimana cara merawat anakan guppy atau yang biasa disebut burayak. 
Kenapa saya mengatakan tidak sengaja? 
karena memang ikan guppy sangat sangat mudah berkembangbiak. Dan tidak sedikit juga dari kesengajaan itu yang mengembangkannya menjadi ladang bisnis menguntungkan. 
Akan tetapi anda perlu tau walaupun guppy mudah beranak, janganlah sembarangan mencampur antara guppy jantan dan betina begitu saja ada beberapa cara untuk membudidayakan ikan guppy agar mendapatkan anakan yang sama bagusnya dengan indukannya.  

Langsung saja kita kepembahasan utama yaitu memberi makan anakan ikan guppy… 




1.       Pemindahan dan Perawatan Anakan
Pertama yang anda harus lakukan adalah pisahkan anakan(burayak) ikan guppy dari indukannya. Pemisahan ini bertujuan agar anakan tidak dimanakan oleh indukannya sendiri, dan agar anakan tidak rebutan makanan dengan sang induk. 
Usahakan sesegera mungkin memisahkan anakan ikan guppy dari induknya, dan memindahkannya pun dengan cara halus agar tidak stress. Burayak atau anakan sebaik ditaruh di aquarium dan diberi gelembung udara atur kekencangan semburan gelembung udara dikekencangan yang paling rendah agar anakan guppy tidak stres. 
Karena habitat asli gupp adalah sungai yang berarus tenang. Jika bisa taruhlah aquarium yang berisi anakan ikan guppy ditempat yang cukup terkena sinar matahari. Cara ini agar warna yang keluar pada anakan guppy bisa cerah. 
Anda juga perlu memperhatikan kondisi air di aquarium usahakan untuk mengganti airnya selama dua hari sekali, tetapi tidak semua harus diganti hanya 20% nya saja dengan cara menyedotnya pada bagian bawah aquarium dengan selang kecil. 
Lakukan hal iini dengan pelan dan hati hati usahakan tidak ada anakan yang ikut tersedot. Begitu juga pada saat menambahkan kembali airnya lakukan dengan menggunakan selang kecil tersebut. Penggantian air secara rutin ini bertujuan agar ph air tetap normal. Ph normal untuk ikan guppy sekitar 6,7 – 7,2.
2.       Pemberian Makanan

Tidak hanya cara perawatanna saja yang harus diperhatikan tetapi juga dari pakannya harus diperhatikan. Ikan primadona para penghobi ikan hias air tawar ini walau tidak begitu rewel dan termasuk ikan yang tahan banting. Anda harus tetap ekstra dalam perawatannya karena anakkan ikan guppy rentan terhadap kematian. 
Untuk ikan guppy yang berusia 1 sampai 5 hari usahakan jangan memberi pakan ke anakan ikan guppy. Kenapa sie gak boleh dikasih makan pada usia segitu ??? Pasti bagi pemula udah langsung kebelet pengen buru buru ngasih makan. Ya, karena anakan ikan guppy yang baru lahir masih memiliki cadangan makanan berupa yellow egg diperutnya.  
Setelah lebih dari 5 hari baru anda bisa memberinya makan , makanan yang baik untuk anakan guppy biasanya berupa kutu air tetapi karena kutu air susah untuk didapat ada altenatif berupa kuning telur rebus. 
Yap kuning telur yang telah direbus, memberinya secara sedikit sedikit sekali, bisa dengan cara di taruh di sendok teh tetapi hanya ujungnya saja lalu campurkan dengan sedikit air dan hancurkan sampai halus lalu kasihkan ke anakan guppy anda. 
Tetapi bisa juga memberinya dengan pelet yang warna merah hijau, dengan cara direndem di air biasa atau air hangat juga bisa agar cepat lunak. Lalu hancurkan seperti memberikan kuning telur tadi. 
Penghancuran dilakukan agar makanan muat dengan mulut anakan ikan guppy yang masih halus halus, cara ini juga termasuk mudah dan saya juga telah memcobanya lebih praktis dan hemat.
Waktu pemberian pakan anakan ikan guppy dengan indukannya sama saja yaitu 2kali sehari. Bila guppy telah tumbuh dewasa anda bisa memberinya cacing sutra yang anda potong-potong kecil.
3.       Penyakit Yang Perlu Diwaspadai
Yang namanya makhluk hidup pasti punya penyakit, begitu juga ikan. Anakan guppy masih sangat rentan terhadap penyakit, pada usia anakan penyakitnya susah untuk dideteksi. Penyakit yang umumnya menyerang burayak guppy adalah jamur maupun bakteri. 
Yang  menyebabkan penyakit pada anakan guppy adalah kondisi air yang tidak bagus dan juga yang terdapat pada pakan hidupnya yang belum dibersihkan secara maksimal. 
Maka jika ingin memberikan pakan hidup pastikan anda membersihkannya secara maksimal sebelum diberikan keburayak guppy. 
Penyakit yang mudah terlihat ialah munculnya bercak putih pada tubuh guppy biasa disebut whitespot. Cara mengatasinya dengan meggunakan larutan biru (methylblue) campur dengan air dan taruh ikan yang sakit kedalamnya selama satu hari penuh Insya Allah ikan akan sembuh. 
Campurkan methylblue hanya 2-6 tetes jangan sampai airnya menjadi warna biru pekat, usahakan hanya berwarna biru cerah. Penyakit yang disebabkan oleh pakan alami biasanya bakteri bakteri yang masih terbawa pada saat pemberi pakan.
……. ” Lebih baik mencegah daripada mengobati ” …….
Ada juga yang namanya penyakit bloat atau bengkak , ciri ikan yang terkena bloat biasanya gelisah, perut seperti kembung cara mengatasi yang biasa saya lakukan adalah memberinya atau merendamnya dengan air garam dan biarkan selama beberapa jam.
Keep Calm And Love Fish ……..
Kami menjual ikan guppy berkualitas, Call / WA: 0895339870944 ….. IG: fish shop nusantara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *