Tips Merawat Ikan Cupang
Tips Merawat Ikan Cupang

Tips Merawat Ikan Cupang Hias Kesayangan Anda

Posted on

Ikan cupang adalah salah satu ikan hias air tawar yang saat ini sedang diminati oleh banyak orang khususnya di Indonesia. ikan ini cukup banyak diminati saat diterapkannya PSBB di berbagai kota Indonesia kita beberapa bulan yang lalu. Akan tetapi sebelum kita memelihara Ikan yang satu ini kita harus terlebih dahulu mengetahui Tips Merawat Ikan Cupang agar ikan kesayangan anda senang

Harganya yang terjangkau pun menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang yang sekarang ini senang memelihara ikan satu ini. Bukan hanya itu, melainkan hewan ini pun mampu menjadi salah satu ikan hias didalam rumah karena ikan ini mampu bertahan lama

Meskipun hewan ini mampu hidup dalam jangka waktu lama, sebagian orang justru merawatnya dengan tidak benar. Oleh karena itu, ikan tersebut menjadi lebih rentan terkena penyakit sehingga mati jika tidak ditangani dengan baik.

Tips Merawat Ikan Cupang

Admin hadir di sini untuk membagikan beberapa cara Merawat Ikan Cupang dengan benar. Gampang dan tidak ribet kok jadi jangan sampai lupa untuk mengikuti tips merawat ikan cupang hias anda dengan benar agar bisa bertahan hidup dalam jangka waktu yang lama.

Memilih Ukuran Wadah yang Tepat

Tips merawat ikan cupang hias pertama adalah memilih sebuah wadah yang tepat untuk dijadikan tempat hidup ikan tersebut. Sebenarnya, kamu bisa menggunakan wadah apa saja untuk ikan cupangmu.

Namun, jika kamu punya sedikit uang berlebih, sebaiknya untuk membeli akuarium yang memiliki dimensi tak kurang dari dimensi 20 x 15 x 15 centimeter. Ukuran tersebut merupakan ukuran yang cukup pas dengan ukuran cupang yang relatif kecil.

Memperhatikan Air yang Digunakan

Tips merawat ikan cupang selanjutnya adalah menyediakan air tawar misalkan air sumur untuk ikan cupang, air merupakan hal yang perlu diperhatikan dengan baik saat anda ingin memelihara ikan cupang. Kamu juga boleh menggunakan air minum jika air sumurmu tak terlalu jernih. Jangan lupa juga untuk mengganti air tempat tinggal ikan cupangmu nantinya secara rutin minimal tiga hari sekali, sewaktu penggantian air harap diingat bahwa air yang ditempati ikan cupang jangan semua dikuras sisahkan 25% dari air dari akuarium tersebut.

Baca Juga  Cara Budidaya Belut Dengan Menggunakan Media Drum Bekas

Membersihkan Wadah

Selain air yang digunakan kini mengenai kebersihan wadah, perlu anda ketahui bahwa jika anda memelihara ikan cupang berarti anda harus bertanggung jawab atas kehidupannya oleh karena itu jika wadah yang ditempatkan ikan cupang mulai kotor, maka sebaiknya wadah tersebut dibersihkan terlebih dahulu agar ikan cupang anda bisa terbebas dari serangan penyakit yang bisa membuat cupang anda mati.

Cek Volume Air

Tips merawat ikan cupang berikutnya jangan pernah untuk mengisi penuh wadah yang ditempatkan ikan tanpa penutup karena akan beresiko ikan akan melompat keluar, merawat ikan cupang ini bukannya tanpa alasan karena admin pernah mengalamin hal tersebut, dan menyebabkan ikan cupang koi mimin meninggal. Alangkah baiknya untuk selalu mengisi hanya 40 persen dari wadah secara keseluruhan agar ikan cupang kalian tidak menjadi korban.

Memilih Makanan yang Tepat

Makanan merupakan hal yang penting agar ikan cupangmu tetap terawat dengan baik dan tumbuh menjadi ikan cupang hias yang indah. Makanan yang biasa dimakan ikan cupang antara lain kutu air, jentik nyamuk, cacing beku, cacing sutra, burayak ikan.

Tips merawat ikan cupang lainnya adalah sewaktu anda memberikan ikan cupang anda makan, alangkah baiknya untuk memberikan pangan sedikit demi sedikit. Jika pangan yang diberikan sudah habis anda boleh menambahkan sedikit lagi.

Penerapan tips merawat ikan cupang ini bertujuan untuk menjaga kemungkinan wadah ikan cupangmu kotor akibat makanan yang tidak habis dan mengendap didasar akuarium. Ini sangat beresiko dan bisa membuat ikan anda terserang penyakit jika kondisi wadahnya tidak bersih.

Menjemur Ikan

Bukan hanya manusia saja yang butuh sinar matahari melainkan ikan cupang anda juga membuetuhkan, oleh karena itu merawat ikan cupang selanjutnya adalah menjemur ikanmu secara rutin. Tips yang satu ini bertujuan agar ikanmu menjadi lebih aktif dan juga guna untuk membutuh bakteri dan jamur yang mungkin ada di wadah ikan.

Baca Juga  Ikan Cupang Adu dan Kerabatnya

Tempatkan wadah ikanmu di area yang tidak terlalu panas dan jemurlah ikanmu selama lebih kurang 30 menit. Selalui perhatikan gerak gerik ikan cupang anda, jika ikan terlihat panik segera pindahkan ketempat yang lebih teduh.

Jangan Membuat Ikan Cupang Stress

Tips merawat ikan cupang selanjutnya ini sangat penting untuk diterapkan. Jangan pernah membuat ikan cupang anda mengalami stress, karena jika cupang anda stress maka penyakit semakin mudah untuk menyerang ikan anda yang stress.

Dengan membangun ekosistem dalam wadah atau akuarium yang mirip dengan habitat aslinya. Salah satunya dengan menambahkan bebatuan dan berbagai tanaman air ataupun juga bisa menggunakan daun ketapang.

Dengan tempat tinggal yang mirip dengan habitat aslinya ini membuat ikan cupang menjadi lebih nyaman dan aman.

Obati Ikan Cupang Jika Terlihat Lemas

Tips merawat ikan cupang terakhir adalah obatilah ikan cupangmu jika terlihat gejala-gejala di mana mereka sakit. Salah satu pertanda ikanmu sakit adalah ikanmu terlihat lemas dan malas bergerak, ekor menguncup dan tidak mengembang dan juga tidak nafsu makan.

Untuk mengobatinya, kamu bisa memberikan beberapa tetes metil biru atau yang biasa disebut sebagai obat biru, garam ikan hias, pomate, dan obat tetra clor secukupnya. Aduk hingga zat merata dan kemudian masukkan kembali ikan cupang ke dalam air campuran obat tersebut.

Berikut adalah beberapa tips merawat ikan cupang dari admin untuk betta lovers semua, jangan lupa untuk bagikan artikel ini ke teman teman pecinta betta lovers ya. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *